Melalui PPPSIH PTKIN, Kaprodi Hukum UIN Sumatera Utara Ingin Kuatkan Akselerasi Ilmu Hukum PTKIN di Kancah Internasional

Kualitas pendidikan tinggi sangat ditentukan dengan perkembangan kurikulumnya. Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kurikum Merdeka). Kurikulum merdeka belajar menempatkan mahasiswa sebagai subyek yang memiliki kemerdekaan dan keleluasaan dalam aktivitas belajarnya. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar di luar program studinya, di luar fakultasnya, bahkan di luar universitas dan belajar lintas prodi, fakultas dan universitas.

Mahasiswa juga memiliki kesempatan belajar langsung untuk praktik dan magang di beberapa institusi, perusahaan, lembaga dan dunia kerja, agar wawasan serta keahlian terasah dengan lebih komprehensif.

Musyawarah Nasional PPPSIH-PTKIN telah melakukan kajian dan pembahasan mendalam tentang MBKM pada 13-15 Juli 2023 di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Aceh. Pembahasan tidak berhenti sampai di sini, karena pengembangan kurikulum terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di Prodi Ilmu Hukum PTKIN seluruh Indonesia.

Tantangan revolusi industri 4.0 menuntut adanya revolusi education 4.0 juga dan kurikulum Outcome Based Education (OBE) adalah jawaban dari tantangan perkembangan ini. Kurikulum Outcome Based Education (OBE) adalah kurikulum yang masih berbasis MBKM dengan lebih menitikberatkan pada outcome/ lulusan. Sistem pembelajaran berfokus pada pencapaian output pembelajaran dan outcome/ lulusan. Level outcome menjadi target akhir dari sistem pembelajaran dengan kurikulum